Artikel Populer

Bukan Bacaan Biasa

Bukan Bacaan Biasa

Admin Rabu, 13 Januari 2016 Tulisanku
Bukan Bacaan Biasa

Bukan Bacaan Biasa
Oleh: Hendro Noor Herbanto

Sesungguhnya Allah SWT menurunkan Al-Qur'an kepada nabi Muhammad saw melalui perantaraan malaikat Jibril adalah untuk memperkenalkan Diri-Nya Yang Satu yaitu Tuhan seluruh alam. Tiada tuhan yang lain yang berhak disembah selain Allah SWT.

Al-Qur'an adalah petunjuk bagi semua manusia yang berada di muka bumi ini tanpa terkecuali dan tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan, yaitu bagaimana seharusnya setiap manusia dapat menempuh jalan yang lurus, dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, dan mendapatkan manfaat sebagai penawar atau obat dari berbagai macam penyakit, serta mendapatkan hikmah dari ilmu pengetahuan bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran.

Al-Qur'an itu diturunkan di dalam bulan Ramadhan supaya manusia dapat mengambil hikmahnya berpuasa dan mengambil pelajaran dari Al-Qur'an yang sudah dimudahkan-Nya buat seluruh manusia agar mereka selalu bersyukur, seperti yang tertulis di dalam surat Al-Baqarah (2): ayat 185 berikut:

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Siapapun orangnya yang mau mengambil pelajaran dari Al-Qur'an dengan akal sehat dan hati yang bersih maka dia berhak untuk mendapatkan hikmah-Nya.

Sebaliknya siapapun orangnya yang mengambil ayat-ayat Al-Qur'an tanpa akal dan hati yang kotor maka dia berhak untuk mendapatkan apa yang dia mau untuk melakukan kejahatan dan fitnah.

Ya, Al-Qur'an pun sebagaimana sangkaan atau niat kita. Jika di niatkan untuk mendapatkan pelajaran maka atas izin Allah, kita akan mendapatkan hikmah yang di kandung dalam bacaan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.

Jika niat kita buruk, maka atas izin Allah jua, Al-Qur'an bisa mendatangkan kemudharatan atau kerugian bagi dirinya sendiri, orang lain atau seluruh alam.

Hidup yang kita jalani di dunia ini menawarkan banyak pilihan. Ambillah 3 (tiga) hal penting yang bisa membawa: kebenaran, kebaikan, dan kemanfaatan. Tinggalkanlah bila tidak membawa ketiga hal tersebut.

Membaca Al-Qur'an pada dasarnya bukan hanya membaca tulisan dalam bahasa Arab, bukan pula hanya untuk dijadikan hafalan di luar kepala saja, tetapi lebih daripada itu, Al-Qur'an seharusnya bisa kita mengerti, dalami dan pahami ayat per ayatnya, maksud dan tujuannya, serta bisa mengambil berbagai pelajaran dan hikmah yang di kandungnya.

Di jaman sekarang ini, yaitu jaman yang menawarkan berbagai kemudahan, sudah banyak sekali aplikasi Al-Qur'an di dunia cetak maupun elektronik serta dunia maya yang memudahkan kita untuk mengunduh aplikasinya dalam bentuk buku, audio, dan video. Pilihlah aplikasi Al-Qur'an yang ada terjemahannya. Karena itu sangat membantu dan memudahkan kita untuk mengerti dan memahami segala apapun ayat yang sedang ingin kita dengarkan atau kita baca.

Saya sendiri memanfaatkan kemudahan yang ada di gadget saya seperti aplikasi Al-Quran dan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan audio mp3 yang juga ada terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Saya mendengarkan file audio Al-Qur'an dan terjemahannya tersebut dalam menemani saya berkendara selama pergi dan pulang kerja guna memanfaatkan waktu luang yang ada.

Gunanya agar kita tahu, kemudian mengerti, lalu memahami maksud dan tujuan dari pembelajaran yang Allah berikan melalui media 'baca-tulis' tersebut, yakni Al-Qur'anul Karim.

Setelah itu kita bisa aplikasikan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Misalnya dalam shalat, dengan hafal dan paham arti dan makna dari surat-surat pendek terlebih dahulu seperti surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas.

Mungkin masih banyak yang belum tahu terjemahan dari ayat-ayat yang terkandung dalam surat Al-Fatihah yang sedikitnya kita membacanya minimal sebanyak 17 kali sehari-semalam, yaitu di dalam shalat fardhu.

Bagaimana kita mau berbicara dari hati ke hati dengan Allah, berkeluh kesah mengenai permasalahan yang menimpa kita, meminta diberikan solusi jalan keluar yang terbaik, jika kita sendiri tidak tahu arti dan makna dari terjemahan Al-Qur'an. Hanya sekedar membaca dalam bahasa Arab-nya saja.

Karena Al-Qur'an itu adalah Kitab Suci versi terakhir sampai hari kiamat nanti, dan bukan kitab yang hanya sebagai bacaan biasa saja, bacaan yang numpang lewat tanpa arti, tetapi lebih daripada itu semua, Al-Qur'an adalah kitab suci bacaannya orang-orang yang luar biasa yang mau menggunakan akal, pikiran dan hati secara simultan untuk mendapatkan berbagai hikmah kehidupan di dunia sekarang ini hingga kita dikumpulkan kembali kelak di alam akhirat sebagai orang-orang yang berserah diri.

Marilah kita berproses belajar membaca Al-Qur'an dengan benar, dengan baik dan bermanfaat minimal buat kita sendiri dulu, baru kemudian kita aplikasikan ke dalam keseharian kita di dalam shalat, puasa, zakat dan haji.

Insya Allah, Allah sendiri yang akan menuntun dan mengajari kita ke jalan yang lurus, yaitu jalan yang Allah ridhai.

Maka benarlah firman Allah SWT di dalam surat Ibrhim (14): ayat 52:

"Dan (Al-Qur'an) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa, dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran."


Semoga bermanfaat....wallahu a'lam bishahwab

Salam Hangat,
Hendro Noor Herbanto
Penulis | Komposer | Pencipta Lagu | Praktisi Perbankan

Ditulis @ Office Matraman Raya, Jakarta Timur - Indonesia
14 Maret 2015

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Jawa Barat
081807993725 / 08128111963
5667A231
08128111963
heronoor@gmail.com

Jejaring Sosial

© Copyright 2017 Hendro Noor Herbanto. Oleh Webpraktis.com | sitemap