Artikel Populer

Jadikan Sabar Dan Shalat Menjadi Penolongmu

Jadikan Sabar Dan Shalat Menjadi Penolongmu

Admin Senin, 25 Juli 2016 Tulisanku
Jadikan Sabar Dan Shalat Menjadi Penolongmu

Menurut Al-Qur'an, manusia diciptakan mempunyai sifat tergesa-gesa di dalam hidupnya, tidak sabar menjalani hidup dan inginnya serba instan.

QS. Al-Anbiya (21): 37


Manusia diciptakan (bersifat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda (kekuasaan)-Ku. Maka janganlah kamu meminta Aku menyegerakannya.

Di dalam berdoa kepada Allah-pun kadangkala manusia ingin segera dikabulkan doanya tanpa adanya suatu usaha yang cukup keras untuk mewujudkannya. Bahkan seringkali berdoa meminta kejahatan (keburukan) sebagaimana biasanya berdoa meminta kebaikan.

QS. Al-Isra (17): 11


Dan manusia (seringkali) berdoa untuk kejahatan sebagaimana (biasanya) dia berdoa untuk kebaikan. Dan memang manusia bersifat tergesa-gesa.

Dalam menuntut ilmu dan mempelajari Kitab Suci Al-Qur'an kita seharusnya secara terus menerus belajar dan berusaha untuk bisa mencontoh apa yang telah Rasulullah Saw lakukan.

QS. Thaha (20): 114


Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur'an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku."

Setiap orang di belahan manapun ia berada pasti mengalami berbagai fase dalam hidupnya. Dari muda menuju tua. Dari kehidupan menuju kepada kematian.

QS. Al-Hajj (22): 5


Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) Kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

QS. An-Nahl (16): 70


Dan Allah telah menciptakan kamu, kemudian mewafatkanmu, di antara kamu ada yang dikembalikan kepada usia yang tua renta (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang pernah diketahuinya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahakuasa.

Ya, usia tua (pikun) adalah usia dimana seseorang sudah tidak mengetahui lagi sesuatu yang pernah diketahuinya. Usia tua sama dengan usia saat seorang manusia baru terlahir ke dunia ini.

QS. An-Nahl (16): 78


Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur.

Tidak ada yang terlahir ke dunia ini dalam keadaan sudah tahu apapun atau sudah berilmu.

Usia bayi (muda) sama dengan usia pikun (tua). Ya, muda pasangannya tua. Untuk menuju usia tua seseorang yang masih muda harus melalui beberapa fase dalam hidupnya. Terlahir sebagai bayi, kemudian balita, lalu anak-anak, kemudian remaja, lalu dewasa, kemudian menikah, lalu punya anak, kemudian tua dan lalu mati meninggalkan dunia ini.

Ya, apapun hasil yang ingin kita raih, tidak ada yang mudah untuk mewujudkannya. Perlu doa, usaha, kerja keras, perjuangan, pengorbanan, jatuh bangun, tawakal dan sabar dalam menjalaninya. Tidak ada yang mudah semudah membalikkan telapak tangan.

Ya, kita harus sabar menjalaninya. Tidak ada suatu proses yang secara tiba-tiba langsung berhasil. Ada waktu yang menyertainya juga ada proses kesabaran di dalamnya.

Kita hanya bisa berusaha dan hasilnya kita serahkan kepada Allah semata. Dia Maha tahu apa-apa yang sudah kita kerjakan. Dia akan menolong kita di saat yang tepat.

Sebelum memohon pertolongan kepada-Nya, Allah hanya ingin kita mengingat-Nya (dzikrullah) dimanapun berada, kapanpun waktunya dan dalam kondisi apapun, terutama di dalam menunaikan ibadah shalat.

QS. Al-Fatihah (1): 5


Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

Bagaimanakah caranya meminta pertolongan Allah agar Dia memudahkan dan memberikan jalan keluar atas segala usaha dan masalah yang tengah kita hadapi?

Yaitu dengan sabar dan shalat. Seperti yang Allah katakan di dalam Al-Qur'an yang seringkali kita kutip ayat-Nya:

QS. Al-Baqarah (2): 45


Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

Coba perhatikan susunan kalimatnya. Kata apakah yang disebutkan dahulu pada ayat di atas? Kata sabar atau shalat?

Ya, untuk meraih shalat yang khusyuk ternyata harus dilatih dan ditempa dahulu dengan kesabaran dalam menjalani semua ujian dan cobaan-Nya yang Dia kehendaki terjadi pada diri kita..

Dan latihan tersebut harus terus diulang baik di dalam shalat maupun di luar shalat, karena Allah tidak hanya ada di dalam shalat tetapi Dia-pun ada di luar shalat dan di setiap ibadah apapun yang kita kerjakan.

Dia Maha Melihat apa yang sedang kita lakukan, termasuk apakah kita sabar dalam melakukan ibadah shalat lima waktu di awal waktu?

Jika sudah, maka Allah akan menolong orang-orang yang beriman yang selalu berdzikir kepada-Nya dengan memberikan jalan keluar bagi usaha dan segala permasalahan hidup kita.

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar dan taat kepada-Nya.

QS. Al-Baqarah (2): 153


Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.


Semoga bermanfaat....wallahu 'alam bishahwab

Ditulis @Cileungsi Bogor, 25 Juli 2016 / 20 Syawal 1437 H

HNH

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Jawa Barat
081807993725 / 08128111963
5667A231
08128111963
heronoor@gmail.com

Jejaring Sosial

© Copyright 2017 Hendro Noor Herbanto. Oleh Webpraktis.com | sitemap